Inspiring Itu Kalau Bisa ke Luar Negeri. Beneran?

Ke luar negeri? Siapa yang ga pengen ke luar negeri. Apalagi masih mahasiswa. Bawa nama kampus, bawa nama negara, bawa nama orang tua. Siapa yang tidak bangga guys ? Ketika mahasiswa lain masih sibuk dengan berbagai kegiatan kampusnya sendiri-sendiri, kamu malah bisa mewakili kampusmu ke luar Indonesia. Kamu tentu punya nilai plus di mata teman-temanmu karena pernah ke luar negeri. “Wuihh keren ya kamu bisa ke Singapura. Oleh-oleh dong..”, “Wiih udah sampe Big Bang aja nih. Tulisin namaku di kertas dong di depan Big Bang…..”. Ungkapan kekaguman mungkin yang sering kita jumpai ketika melihat temen kita update status lagi di suatu tempat di luar Indonesia.

Sebenernya, kamu-kamu yang pernah mewakili kampus atau negeri ini ke luar negeri termasuk inspiring banget gak sih? Ya jelas dong. Kamu itu inspiring banget. Bisa ngalahin sekian ribu orang yang ikut seleksi event-event di luar negeri sana. Atau mungkin kamu bisa membawa nama kampusmu disana, di saat teman-temanmu belum bisa. Cuma, yang perlu digarisbawahi, inspiring itu apa sih? Apa iya harus ke luar negeri dulu, foto-foto, upload foto, baru dinamain inspiring student?

11216493_10153497359397053_8208690943115993183_o

Menjadi inspirasi bagi mahasiswa-mahasiswa lain bukan harus selalu berhasil ke luar negeri. Banyak juga lho yang ga pernah ke luar negeri, tapi menjadi inspirasi bagi mahasiswa-mahasiswa lain. Bukan berarti kamu yang pernah ikut event di luar negeri, atau mungkin lagi kuliah atau kerja di luar negeri nggak inspiring. Bisa ke luar negeri saat mahasiswa cuma salah satu bentuk inspiring tadi. Ini beberapa contoh mahasiswa inspiring yang ga perlu ke luar negeri dulu untuk jadi inspiring

  1. Mahasiswa PKM

318809_271574552947955_1775032224_n

PKM menjadi sebuah ajang adu kreativitas antar mahasiswa se Indonesia yang paling bergengsi. Yang bisa lolos PKM sampai tingkat nasional itu keren banget sumpah. Nah, dari PKM inilah sering muncul ide-ide brilian dari para mahasiswa dan dosen. Ide-ide yang bisa membantu masyarakat Indonesia pada umumnya. Kalau ide-ide ini difasilitasi dan dibuat jadi nyata, itu lebih keren lagi, dan yang pasti inspiring banget. Contoh PKM yang paling membuat saya kagum adalah timbangan beras yang bisa ngeluarin suara yang menyebutkan berat timbangan itu. Misal beratnya 2 kg, akan  muncul suara yang berbunyi “2 kilogram..”. Itu keren banget dan cocok untuk membantu para tunanetra agar tetap bisa membantu mereka dalam berdagang. Inspiting bukan?

2. Mahasiswa Study Oriented

wifi-158401_1280

Mahasiswa jenis ini banyak banget di kampus. Menjadi study oriented itu bukan hal yang jelek lho. Banyak orang beranggapan mahasiswa study oriented itu jelek dan gak kreatif. Siapa bilang. Dengan mereka seperti itu, mereka banyak yang bisa cumlaude waktu wisuda. Jadi cumlaude waktu wisuda itu keren lho (saya bisa cumlaude gak ya wisuda ini, wkkwk..). Dengan mereka fokus belajar, mereka juga jadi garda terdepan sumber jawaban soal-soal ujian menjelang ujian. Tanpa mereka, kita mungkin gak akan tertolong. Jadi, buang jauh-jauh image kalau mahasiswa study oriented itu gak keren. Yang gak keren tuh, kalau udah study oriented, terus gak mau ngajarin temennya. Itu baru gak keren, haha. Mau contohnya mereka yang keren itu? Jurusan saya banyak banget lho, tinggal pilih. Yang pasti, di jurusan saya yang pinter-pinter pada mau ngajarin kita-kita yang males-males ini, hehe. Kalian semua keren gaes. Makasih atas SP-SP kalian selama ini..

3. Mahasiswa Komunitas Sosial

111900606

Mereka ini adalah mahasiswa yang bergabung ke banyak komunitas sosial untuk membantu langsung masyarakat. Dana sumbangan yang dikumpulkan lalu diberikan kepada yang berhak. Bukan hanya itu, mereka juga memberdayakan masyarakat langsung melalui komunitas sosial yang mereka miliki. Mereka bergerak langsung untuk memberi efek kepada perubahan kehidupan masyarakat. Contohnya, Komunitas Untuk Jogja. Mereka mengadakan pelatihan-pelatihan ke masyarakat-masyarakat desa disana untuk pelatihan hidroponik, menanam tumbuhan, wirausaha, dll. Keren lho. Mereka ini garda terdepan dalam hal sosial pokoknya

4. Mahasiswa Imam dan Takmir Masjid Sekitar Kampus

masjid-pogung-raya4

Jangan dikira mereka yang jadi takmir dan imam masjid itu gak inspiring. Mereka itulah penggerak kebaikan diantara masyarakat sekitar kampus. Ketika warga-warga di sekitar kampus sibuk bekerja, merekalah yang mengatur agar masjid selalu ada yang adzan, ngisi kajian dan lain-lain. Belajar ilmu agama yang lebih dalam juga menjadi kelebihan yang harus kita tiru. Mereka adalah calon imam idaman para mahasiswi. Jangan kira yang jadi takmir masjid itu nikahnya lama. Banyak yang habis wisuda, langsung ngelamar. Mau contoh? Sudah terlalu banyak. Cari sendiri ya..

Terus, ada pertanyaan gini. Buat apa sih jadi mahasiswa yang inspring Inspiring disini bukan berarti pamer kelebihan ya. Maksudnya adalah kita punya sesuatu lebih yang membuat kita berbeda dan lebih dibanding orang lain. Sebagai mahasiswa, sudah sepantasnya kita punya sesuatu yang berbeda dibanding mahasiswa lain, apapun itu. Bahasa HRD nya, differentiation. Kalau kamu gak punya sesuatu yang beda pada dirimu, alias same-same kayak orang lain, kamu akan berat untuk bisa berkembang. Temukan sesuatu yang berbeda pada dirimu, lalu explore, kembangkan.

Pernah bayangin kumpulan kuda liar warna hitam di sabana di benua Afrika sana? Pasti pernah lah ya di internet atau TV. Lalu tiba-tiba ada zebra di tengah-tengah mereka, tentu kita bisa mengenalinya dengan cepat kan? Kenapa begitu? Karena warna kulit zebra itu berbeda dari kuda-kuda di sekitarnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s