Bahagiakan Dirimu Sebelum Kamu 30 Tahun

Usida 30 tahun adalah usia dimana kamu sudah diharapkan mulai memiliki kestabilan dalam hal finansial dan keluarga. Hal ini memang tidak ada sumber dari buku atau referensi mana pun yang menyebutkan usia 30 tahun sesorang harus sudah mulai stabil dalam 2 hal tersebut. Namun, bukan hal yang salah kan jika pada umumnya, masyarakat kita rata-rata ingin memiliki kehidupan yang stabil di usia 30, bahkan sebelum usia 30. Kenapa sih kok begitu?

Stabil disini bukan berarti harus sudah hidup mewah dan glamour. Yang dimaksud stabil di sini adalah secara finansial tidak perlu dikhawatirkan. Walau mungkin masih menabung untuk beli rumah, mobil dan berbagai keperluan besar lain, namun untuk kebutuhan sehari-hari seperti makan, listrik, air, perabot rumah tangga, transportasi, dan lain-lain sudah tertutupi dari penghasilan dari bekerja kamu. Dari sisi keluarga, rata-rata orang Indonesia mulai “khawatir” jika usia 30 belum menemukan jodohnya. Dengan memiliki keluarga di usia 30, diharapkan secara mental dan emosi kamu bisa lebih stabil dan punya alasan untuk selalu pulang cept ke rumah dari tempat kerja.

Hal-hal di bawah ini yang mungkin membuat kamu ingin segera mencapai kestabilan dalam hal finansial dan keluarga sebelum usia 30.  Jika kamu ingin menambahkan, sangat diperbolehkan untuk menambah wawasan kita:

  1. Segera Mandiri dari Orang Tua

109471093-currency-is-seen-in-this-january-30-2001-image-afp-crop_-promo-mediumlarge

Orang tua kita sudah berjasa begitu banyak dalam kehidupan kita mulai kita kecil sampai dewasa. Merekalah yang membiayai semua kebutuhan kita dari kita bayi sampai dewasa sekarang. Maka, ada suatu saat dimana kita ingin lepas dari ketergantungan biaya dari orang tua. Hal ini tentu untuk meringankan beban orang tua kita yang juga semakin bertambah tua seiring bertambah dewasanya kita. Dengan mandiri dari orang tua, kita berharap bisa membahagiakan orang tua dan menunjukkan kepada orang tua kita bahwa kita sudah siap untuk hidup mandiri tanpa bantuan biaya dari orang tua.

  1. Ingin Membantu Saudara/Teman yang Kesulitan Secara Finansial

111900606

Hal ini membuat kamu selalu ingin segera mendapatkan penghasilan untuk bisa menopang saudara/temanmu yang kesulitan secara ekonomi. Dengan membantu sesame, sungguh kamu telah belajar bagaimana merasakan sulitnya hidup orang lain. Kamu juga belajar bersyukur terhadap rezeki yang kamu dapatkan untuk disisihkan kepada orang lain. Dengan membantu mereka yang kesulitan, yakinlah nikmat kamu akan ditambah. Bukankah itu janji langit yang sudah tertulis di kitab suci?

  1. Ada Jodoh Menunggu di Depanmu

1621929_612256505515897_120779431_n

Ngomong-ngomong soal jodoh, setiap orang pasti ingin segera bertemu jodohnya. Dengan menemukan jodoh, kamu bisa terhindar dari perbuatan-perbuatan yang kurang baik.  Dengan menemukan jodoh, kamu bisa belajar lebih banyak tentang orang yang begitu mencintaimu. Bangunlah cinta di atas pernikahan, bukan sebaliknya. Kata orang-orang yang sudah menikah, hal-hal sulit di awal pernikahan seperti kekurangan uang dan keterbatasan lain menjadi bumbu indah dalam pernikahan. Dengan melaluinya bersama dan saling menguatkan, semua akan terlewati begitu saja dan menjadi kenangan indah ketika sudah mapan nanti. Benarkah begitu? Segera temukan jodohmu.

  1. Bisa Berkarya Lebih

office-lighting-166

Dengan memiliki kestabilan finansial dan keluarga, kamu bisa berkonsentrasi untuk berkarya lebih. Sehebat-hebatnya orang, kalau masalah perut masih kesusahan, tentu masalah perut akan didahulukan, sehingga menghambat kemampuannya untuk berkarya lebih. Tak harus mewah, asal cukup dan stabil, yang penting masalah perut tidak menjadi beban sehari-hari. Dengan selesainya masalah perut, kamu bis berkonsentrasi untuk melanjutkan karyamu ke level yang lebih tinggi di bidangmu masing-masing.

  1. Segera Punya Keluarga Kecil dan Bahagia

family

Memiliki keluarga kecil di usia 30 tahun atau sebelumnya menjadi mimpi seluruh anak muda. Siapa yang tidak bahagia memiliki pasangan hidup dan lebih-lebih momongan kecil yang siap mewarnai kehidupan kamu berdua di rumahmu nanti. Dengan adanya si kecil, kamu selalu punya alasan untuk selalu segera pulang dari tempat kerja. SI kecil sudah menunggumu di rumah bersama ibunya. Maka, carilah ibu yang tepat bagi si kecilmu nanti agar ia diasuh oleh ibu yang luar biasa. Karena ibu yang luar biasa akan menjadikan si kecilmu luar biasa juga.

Usia 30 tahun bukanlah patokan paten yang menjadi deadline seseorang harus mapan. Namun, alangkah baiknya untuk segera stabil, lebih-lebih mapan di bawah usia 30 tahun. Dengan bisa stabil atau mapan di usia 30 tahun atau sebelumnya, banyak sekali manfaat dan kebaikan yang bisa kamu dapat. Dengan begitu, banyak sekali yang bisa kamu bahagiakan, mulai orang tuamu, adik kakakmu, keluarga besarmu, jodohmu, anak-anakmu, saudar/teman yang kamu bantu, dan lain-lain.

Jangan malas-malasan di usia muda, apalagi di usia 20-24 tahun. Usia muda itu memang usia yang rentan dengan kegagalan. Di usia mudamu, kamu bisa gagal dalam bisnismu, karyamu, proyek-proyekmu, dan lain-lain. Semakin cepat kamu menemukan kegagalanmu, semakin cepat kamu menemukan solusinya. Semakin cepat kamu menemukan solusinya, semakin cepat kamu sukses. Semua kesuksesan selalu diawali dengan kegagalan.

Inna ma’al ‘usri yusroo. Sesungguhnya kesulitan itu bersama kemudahan-kemudahan. Yusroo adalah bentuk jamak dari yasir yang artinya kemudahan, which means, satu kesuliltanmu akan selalu diikuti banyak kemudahan di baliknya.

Masih belum percaya janji-janji langit? Segera bergerak dan buktikan saja. Bergerak, atau tergantikan !!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s