Cara Membuat Surat Perusahaan

Bikin perusahaan? Kenapa tidak? Walau kecil, itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi beberapa orang, termasuk saya. Tak masalah misal kamu lebih ingin jadi profesional di sebuah instansi. Semua sama baiknya. Well, disini saya akan coba bahas gimana alur bikin surat perusahaan susuai yang saya alami.

10492509_1018878198137408_4521911290380204558_n

Berikut adalah alur-alur apa aja yang harus kamu urus untuk bisa dapet surat perusahaan. Pastikan persyaratannya kamu siapkan sebelumnya.

NPWP Pribadi

NPWP pribadi adalah tanda bahwa kamu mulai wajib melaporkan penghasilan kamu. Sebagai pengusaha, penghasilan dari usaha kamu otomatis wajib dilaporkan. Syarat bikin NPWP pribadi dibikin i Kantor Direktorat Pajak di kota asal KTP kamu. Jadi misal kamu KTP Jakarta, ya bikin NPWP pribadinya di Jakarta. Biasanya cuma disyaratkan bawa foto kopi KTP

Akta Notaris

Akta ini menunjukkan bahwa perusahaan kamu telah berbadan hukum dan memiliki hak dan kewajiban sebagai badan di wilayah Republik Indonesia. Akta notaris kalau boleh dibilang adalah pengakuan negara terhadap berdirinya badan usaha yang kamu bangun, sehingga hak dan kewajiban badan terhadap negara dan sebaliknya mulai berlaku.

HO/ijin Keramaian

HO ini menjadi syarat setelah kamu dapat NPWP. HO menandakan bahwa tempat usaha anda sudah mendapat ijin dari pemerintah dan boleh menimbulkan keramaian dalam batas tertentu karena proses produksi, administrasi, transportasi, dan sebagainya. Untuk HO, kalau kamu ingin usaha sampingan lain, maka hendaknya ditulis juga di HO. Misal, awalnya kamu punya usaha konveksi baju. Tapi, kamu juga mikir kalau 1-2 tahun lagi ingin usaha di bidang perikanan. Maka, di HO lebih baik ditulis langsung bidang usahanya agar nanti kalau pengen bikin usaha baru ga repot ngurus HO lagi.

SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan)

 

SIUP menunjukkan kalau perusahaan kamu bergerak di bidang tertentu. Misal, kamu punya usaha konveksi baju. Maka, di SIUP akan tertulis kamu memiliki spesialisasi di bidang konveksi baju. SIUP ini diurus setelah HO, jadi kamu harus sabar ya. SIUP ini jadinya agak lama, tergantung tempatnya. Bisa 1-2 bulan. Bikin surat perusahaan harus sabar emang.

TDP (Tanda Daftar Perusahaan)

TDP ini menunjukkan lokasi usaha kamu. Biasanya kamu nanti disuruh bikin sketsa denah tempat usaha kamu. Lalu, jug disuruh bikin denah interior di dalam tempat usaha. TDP menunjukkan bahwa badan usaha yang kamu dirikan memang memiliki tempat dan biasany tempat usaha kamu bakal disurvei sama orang pajak. Kalau tidak salah ingat, syarat TDP adalah adanya IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Kalau gak ada IMB, bisasanya disuruh bikin surat kesanggupan bikin IMB. Tapi, surat ini berlaku 5 tahun sesuai masa berlakunya. Kalau sudah 5 tahun dan gak diurus, kamu kesulitan atau bahkan ga bisa perpanjang. Jadi, kalau bisa temapt usahamu sudah ada IMB nya, baik kamu sewa atau punya sendiri.

 

Sekian, sharing pagi ini dari saya. Jika ada kekurangan dan kesalahn, mohon koreksinya. Terima kasih, selamat beraktivitas !!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s