My Feet on Rinjani

Kamu pernah ke Rinjani? Iya kamu, siapa lagi..

Gunung indah ini terletak di Pulau Lombok, Nusa  Tenggara Barat alias NTB. Belum tahu NTB? Ini dia

pulaulombok

Peta Pulau Lombok

Alhamdulillah, tahun 2014 lalu, saya diijinkan Allah menyambangi Rinjani sampai puncak. Capek? Tentu capek. Perjalanan dimulai dari front gate Rinjani jam 6 pagi. Penasaran front gate Rinjani kaya apa?

20140826_064150

Front Gate Rinjani Jalu Sembalun, Maaf Muka Bangun Tidur….

Perjalanan dimulai sampai dengan menuruni jurang !! Ini pengalaman pertama saya dalam naik gunung ternyata harus lewat jurang. Setelah 2 jam menyusuri jurang baru kita sampai sabana, dan ini belum mendaki. Sabana kita arungi selama 4-5 jam. Lumayan buat pemanasan

20140826_071451

Sabana With Team

Setelah sabana, baru kami menemui jalan mendaki menuju puncak. Jalanan menuju puncak lumayan terjal. Dengan tinggi 3726 mdpl, gunung ini memberikan sensasi tersendiri. Yang paling membuat kesal adalah ketika sampai di bukit penyesalan. Kenapa namanya begitu? Kata orang sana, ketika sampai bukit penyesalan, kita dihadapkan 2 pilihan, lanjut terus atau turun. Karena di bukit ini ada 4 bukit yang kelihatan seperti puncak.

Kejadian paling kampret adalah saat terjadi percakapan antara orang yang naik (N) dan orang yang turun dari puncak (T) saat ketemu di bukit penyesalan:

N : Mas, puncaknya masih jauh ga ya?

T : Deket kok, Mas. Itu ada pohon gundul gede di atas, nah itu dah puncaknya

N : Berapa menit Mas sampai sana dari sini?

T : Sekitar 10 menit Mas. Semangat Mas. Saya turun dulu ya…

Kampret, jalan 3 jam kagak sampe-sampe. Benar-benar pembohongan publik, tapi juga pemantik semangat bagi kita-kita yang baru sampai bukit penyesalan.

20140826_091922

UGM-UNRAM Bersatu di Rinjani

Lelah mendaki 4 bukit penyesalan, tiba juga di Plawangan, daerah datar sebelum puncak. Hawanya sejuk. Kami menginjakkan kaki di Plawangan pukul 18.30 WITA. Matahari sebentar lagi tenggelam, dan kami sudah berada di atas awan. Shalat dhuhur dan ashar berasma teman-teman di atas awan pertama bagi saya. Luar biasa..

Esoknya, baru kami mendaki ke puncak. Kalau sudah sampai puncak, barulah kita bisa melihat yang namanya Danau Segara Anakan. Sensasi Segara Anakan benar-benar hebat. ini gunung terhebat yang pernah saya kunjungi. Ada kumpulan air di atas awan. Pecah dah pokoknya..

Saat di puncak, ada teman aya yang ingat kalau belum ngerjain laporan KKN, karena saat itu kami juga ada kegiatan KKN PPM UGM di Lombok. Jadi turunnya lebih cepet deh. Anyway, Rinjani luar biasa. Sampai ketemu lagi..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s